Batik Tulis Sumber jambe Kab Jember

MOTIF AIR MATA IBU

Awalnya terdengar asing kala mendengar nama batik tulis sumber jambe, yaa Sumberjambe adalah sebuah kecamatan di kabupaten Jember Propinsi Jawatimur, letak kecamatan ini kira kira 30 km sebelah timur kota jember atau 30 menit jika kita berkendaraan pribadi arah ke kalisat, kecamatan ini sebelumnya sangat terkenal dengan wilayah durian, dan menjadi sentra buah durian untuk kabupaten Jember.

Penduduknya yang sebagian besar adalah berbahasa madura, dengan mata pencarian sebagai petani tembakau. yaa Tembakau sebuah komoditas khas kabupaten Jember sejak Jaman Belanda hingga saat ini. meski sebagian besar Penduduk SumberJambe beraktifitas sebagai Petani, beberapa penduduk menggeluti profesi sebagai Pem-batik,

Dengan Latar Belakang sebagai petani tembakau,yang sehari harinya bergelut di bidang tembakau, hal ini berimbas pada design dasar batik sumberjambe, yang bernuansa tanaman Tembakau, mulai dari serat daun yang khas Tembakau, Batang tanaman Tembakau , juga kelopak bunga tembakau menjadi dasar design yang akhirnya membedakan kain2 batik yang dibuat di sumberjambe ini.

salah satu siswa KIR SMAJA, Rikza

Salah satu produk lokal industri kecil yang berkembang di Kecamatan Sumberjambe adalah BATIK SUMBERJAMBE. Produk ini banyak menyerap tenaga kerja, cukup berkualitas dan berkorelasi kuat terhadap upaya pengentasan kemiskinan. BATIK SUMBERJAMBE layak digunakan sebagai salah satu seragam (uniform) para karyawan yang dipakai setiap hari tertentu (misalnya hari Jumat). motif-batik-sumberjambe-2009 cukup banyak dan bervariasi dengan nuansa khas batik madura yang bermotif daun Tembakau.

  • Posted in: KIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: