Mengapa Lidah buaya ?

Tumbuhan obat merupakan salah satu sumber daya alam potensial untuk digarap, terutama untuk memenuhi permintaan industri obat dan bahan kosmetika. Di Indonesia tidak kuran dari 1000 jenis tanaman obat yang telah dimanfaatkan, baik secara tradisional sebagai obat,jamu maupun sebagai bahan kosmetika. Namun selama ini pembudidayaan tanaman obat belum banyak diungkap sehingga informasinya sangat terbatas. Sebenarnya tumbuhan obat mempunyai peluang yang besar untuk pasar dalam negeri maupun sebagai sebagai komoditas ekspor nonmigas ke luar negeri. Kurangnya informasi mengenai tumbuhan obat juga mengakibatkan kesalahan pemilihan jenis. Hal ini terjadi karena banyak jenis tumbuhan yang serupa tetapi tidak mempunyai khasiat sebagai obat. Kesalahan ini dapat berakibat fatal, apalagi bila jenis tersebut mengandung racun.

Pada saat ada kecenderungan masyarakat untuk beralih ke bahan bahan alami, peluang tanaman obat sebagi komoditas perdagangan semakin besar . Lidah buaya  merupakan tanaman yang telah lama dikenal oleh masyarakat sebagai tumbuhan obat yang biasa ditanam dipekarangan dan secara tradisional bermanfaat untuk melebatkan atau menghitamkan rambut. dewasa ini tanaman lidah buaya terkenal sebagai bahan baku kosmetika, obat dan minuman sehingga permintaannya selalu meningkat . Disamping itu mulai beragamnya kegunaan lidah buaya sebagai bahan baku obat dan kosmetika menyebabkan nilai guna tanaman semakin meningkat.

Lebih dari 23 negara yang dicatat oleh WHO menggunakan lidah buaya sebagai bahan baku obat. Sampai saat ini Indnesia masih mendatangkan bahan baku lidah buaya dari luar negeri, terutama Amerika dan Australia, baik dalam bentuk bubuk (powder Aloe ) , bahan jadi, seperti aloe soap (sabun aloe) dan produk lainnya seperti sari aloe, aloe dalam bentuk gel yang distabilkan 100%. kosmetika dari bahan lidah buaya yang diimpor dari Amerika terdiri dari beberapa jenis, antara lain Aloe Jojoba Shampo, Aloe lip untuk lipstik, Aloe propolis creme untuk melindungi kulit dan obat jerawat, Aloe vera Gelly yang mengandung allantoin tolopherol atau vitamin E alami untuk luka bakar, luka gigitan serangga dan jerawat, ForeverAloe Scrub unuk menghaluskan wajah , dan Aloe vera Forever Bright untuk pasta gigi. Di Indonesia tanaman ini lebih populer digunakan sebagai bahan industri kosmetika, terutama bahan baku pembuat shampo. Selain itu , karena bentuknya yang unik tanaman ini sering dijadikan penghias ruangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: