EFEK SAMPING KEMOTERAPI

                                                                           PROSES MEMASUKKAN SALAH SATU OBAT ….

Kemoterapi (chemotherapy) adalah penggunaan zat kimia untuk perawatan penyakit. Dalam penggunaan modernnya, istilah ini hampir merujuk secara eksklusif kepada obat sitostatik yang digunakan untuk merawat kanker.

Pengobatan kanker dewasa ini hampir selalu melibatkan operasi, penyinaran dan atau kemoterapi. Tujuan kemoterapi pada penyembuhan kanker adalah menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel onkogen (kanker) pada tubuh pasien. Prinsip kerja obat-obatan kemoterapi adalah menyerang fase tertentu atau seluruh fase pada pembelahan mitosis pada sel-sel yang bereplikasi atau berkembang dengan cepat, yang diharapkan adalah sel onkogen yang bereplikasi. Obat kemoterami hampir tidak menimbulkan dampak pada sel yang sedang dalam masa beristirahat (tidak melakukan pembelahan), namun terkadang sel-sel rambut dan sel-sel yang sedang aktif membelah lainnya dapat terkena dampak obat ini apabila siklus mitosisnya berada dalam target obat-obatan kemoterapi yang sedang digunakan.

Efek Samping
 
Anda tidak akan mengalami atau hanya mengalami sedikit efek samping. Namun, Anda sebaiknya mengetahui konsekuensinya agar dapat memberi tahu tim medis saat Anda mengalami hal ini.

– Mual dan muntah

Obat kemoterapi dapat menimbulkan mual dan muntah. Namun, ini biasanya dapat dikendalikan dengan obat antimabuk baru dalam bentuk suntikan atau tablet. Anda akan diberi obat ini sebelum menjalani kemoterapi untuk menghindari mabuk sejak dini.

– Mudah lelah
 
Mudah lelah adalah salah satu efek samping kemoterapi yang paling sering dijumpai, walaupun kita tak mengerti penyebabnya dengan jelas. Jika penyebabnya anemia, transfuse darah dapat digunakan untuk mengoreksi gangguan.

– Rambut rontok (alopesia)

Rambut rontok adalah efek kemoterapi terhadap sel folikel rambut yang membelah sangat cepat, tapi banyak pasien tidak mengalami rambut rontok sama sekali. Jika ini memang timbul, sifatnya hanya sementara dan rambut Anda akan tumbuh kembali saat kemoterapi telah selesai.

Banyak orang merasa terbantu oleh rambut palsu dan Anda sebaiknya mencari rambut palsu secepatnya, agar rambut Anda dapat dicocokkan. Pendinginan kulit kepala memperlambat aliran darah ke kulit kepala dan dapat menghentikan kemoterapi mencapai folikel rambut. Tanyakan tim medis mengenai ini.

Efek Samping Jangka Panjang
 
– Sterilitas

Agen kemoterapi dapat mempengaruhi fertilitas, walaupun hanya sementara. Wanita mungkin berhenti mendapat haid. Kemoterapi diketahui menimbulkan sterilitas permanen, walaupun jarang dijumpai.

– Jumlah sel darah putih yang rendah

Jika jumlah sel darah putih menurun (netropenia) yang merupakan efek samping umum kemoterapi, risiko Anda terkena infeksi semakin besar. Perhatikan tanda-tanda infeksi dan beri tahu dokter jika Anda mengalami gejala ini:

Demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius, menggigil dan berkeringat, luka dan tukak mulut, batuk dan nyeri tenggorokan, kemerahan dan bengkak di sekitar luka pada kulit, tinja cair/diare, sistitis atau sensasi terbakar selama buang air kecil, keluarnya cairan dari Miss V atau gatal tidak wajar.

PENGALAMAN KAMIS , 6 SEPTEMBER 2012 , 08.45 WIB di RSU SARDJITO Yogyakarta

Persiapan obat sudah disiapkan sehari sebelumnya, proses pengadaan obat kemo dengan askes ternyata tidak rumit jika kita mengetahui arah yang mau dituju.  Pada hari, kamis 6 sept 2012 pukul 08.45 wib perawat mulai memasang infus secara bergantian, karena pada kamar yang saya tempati di klinik kanker rsu sardjito ada 6 pasien dan ruangannya ber ac sehingga saya terasa dingin. Perawat sangat ramah dan telaten menghadapi semua pasien yang penuh tegang . Alhamdulillah suntikan dan infus sudah terpasang rapi di tangan kananku. Dan ternyata secara berkala perawat memasukkan beberapa cairan obat melalui suntikan. Obat tersebut masing-masing memiliki efek yang berbeda yang saya rasakan pada saat itu. Ada yang terasa gatal dan terasa pusing tp semua itu hanya terasa sekitar 1 menit.  Lumayan banyak obat yang disuntikkan . Tepat pukul 11.40 wib, obat sudah selasai dimasukkan semua, saya bangun dr tempat tidur…..pusing juga yang saya rasakan. Saya lupa sekarang saya sedang menjadi pasien kemo, aktivitas harus dikurangi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Alhamdulillah, setelah sampai rumah segera makan dn tidur. Sampai malam ini saya masih tidak merasakan mual dan yang lain……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: